Jumat, 22 Januari 2016

Kain Khas Lampung

Lampung memiliki banyak sekali kerajinan kain, beberapa contohnya adalah ini:

Kerajinan Khas Lampung

  • Kain Tapis


Jenis Kain Tapis

Kain tapis merupakan kain khas lampung yang ditenun dari benang sutera, kapas atau serat nenas dan dikerjakan secara manual. Kain yang dihasilkan itu disulam dengan benang emas atau benang perak sulam polos dengan berbagai motif. Motif dan benang yang digunakan akan menunjukkan nama dari tapis tersebut.

Kain Tapis Motif Gajah
Kain Tapis 2 Dimensi

Kain tapis merupakan kain khas lampung yang di tenun dari benang sutera, kapas atau serat nanas dan di kerjakan secara manual. Kain yang dihasilkan itu disulam dengan benang berwarna emas atau perak sulam polos dengan berbagai motif. Motif dan benang yang digunakan akana menunjukan nama dari tapis tersebut.



  • Sulam Usus.


Proses Pembuatan Sulam Usus 
                         


Baju Kebaya Hasil Sulam Usus


Hasil dari Sulaman Usus 


Kain Sulam Usus Berbagai Motif  Di Pasarkan


Selain memiliki kain tenun tapis lampung juga memiliki kerajinan sulaman usus. Potensi pasar yang dimiliki sulaman usus sangatlah besar, namun agak sedikittertinggal karena sulaman yang dibuat dari sutra kecil-kecil tersebut memerlukan waktu cukup lama dalam pengerjaanya.

Sulaman usus biasanya, dikerjakan ibu-ibu dan remaja putri di lampun. Kerajinan tersebut awalnya diperkenalkan masyarakat asli Lampung dan biasanya digunakan untuk pakaian wanita, kemeja pria, hiasan dinding hingga tempat tisu.

Dalam perkembangan, sulaman model begitu banyak digunakan para desainer sebagai assesoris rancangan. Bahkan, pasarnya sudah termasuk kelas ekonomi kelas atas. Kelebihanya, selain bentuk dan motifnya klasik, sulaman usus lampung juga sangant halus. Tak heran bila sulaman itu banyak dicari pedagan, baik untuk pasar dalam negri maupun mancanegara.

Namun saat ini kerajinan tangan khususnya sulaman tersebut semakin sedikit yang menggeluti, sebab pengerjaanya cukup rumit, membutuhkan kesabaran yang tinggi untuk mengerjakanya. Sebagai contoh, untuk sebuah kebaya memerlukan waktu satu pekan perajutan.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar