Jumat, 22 Januari 2016

15 jenis bisnis indudtri kreatif di Lampung

15 Jenis Bisnis Industri Kreatif Yang Makin Dilirik


PERKEMBANGAN BISNIS DI INDUSTRI KREATIF MAKIN LAMA SEMAKIN MENARIK
Hasil gambar untuk industri kreatif lampungDalam beberapa tahun terakhir pemerintah bahkan mencatat bahwa industri kreatif memiliki peran yang cukup besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan membukukan pertumbuhan penghasilan sebanyak 7 persen dari Total Pendapatan Domestik Bruto (PDB), industri kreatif membuktikan bahwa mereka memiliki peluang yang luar biasa untuk di eksplore lebih jauh lagi.
Bahkan untuk itu pemerintahan Jokowi saat ini melalui Ketua Badan Ekonomi Kreatif mengatakan bahwa pemerintah sangat serius mendukung bahkan mentargetkan pertumbuhan ekonomi kreatif menyentuh angka 14% selama pemerintahannya. Senada dengan itu para pelaku ekonomi kreatif pun semakin gencar berkarya dan optimis bahwa indutri ini akan terus tumbuh bersama kemajuan teknologi yang terus berkembang.

Apa itu Industri Kreatif?

Hasil gambar untuk industri kreatif lampungMenurut Departemen Perindustrian Republik Indonesia industri kreatif adalah segala bentuk bisnis yang memanfaatkan kreatifitas, keterampilan serta bakat indivisu untuk mencipatkan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipra individu tersebut.
Sederhananya bisnis kreatif bukan sekedar menjual barang atau jasa secara fisik, namun bisnis dimana ide dan kreatifitas dari karya itu sendiri yang dihargai tinggi. Industri ini cukup mudah untuk dimasuki, karena relatif tidak mensyaratkan modal yang terlalu besar. Namun justru tubuh, pikiran terutama ide kitalah yang menjadi modal utama kita dalam memulai bisnis ini.

Apa saja bisnis-bisnis yang termasuk ke dalam bisnis kreatif. Berikut 15 Bisnis Indutri kreatif yang bisa Anda masuki :

  1. Periklanan
  2. Arsitektur
  3. Pasar Barang Seni
  4. Kerajinan/Handycraft
  5. Desain Grafis
  6. Fashion
  7. Video, Film, dan Fotografi
  8. Games Interacktif
  9. Musik
  10. Seni Pertunjukan/ Event Organizer
  11. Karya Tulis, Buku, Penerbitan dan Percetakan
  12. Radio dan Televisi
  13. Riset dan Pengembangan
  14. Pengembangan Software dan Komputer
  15. Kuliner kreatif
Hasil gambar untuk industri kreatif lampungSatu sektor dengan yang lain bisa jadi saling terkait dan mendukung satu sama lain. Manakah yang paling bisa Anda lakukan?. Dapat kita lihat bahwa sebagian besar dari bisnis kreatif diatas dapat kita mulai meski dengan modal cekak dengan skill dan kreatfitas kita. Kuncinya ialah kemauan untuk terus melahirkan karya-karya yang kreatif.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar